my favorit :)

  • NI LUH AYU OKTAVIANI , 3IB02

Sabtu, 19 Januari 2013

SARINGAN TIGA LAPIS


pernah kah kita membicarakan seseorang ?
sedikit banyak pasti pernah :D
hehe
tapi tau kah apa kegunaan dari membicarakan orang tersebut ?
kisah Socrates di bawah ini membuat aku berfikir..
izinkan aku meng-copy paste kan ceritanya yo :)

Pada zaman Yunani kuno, Socrates adalah seorang terpelajar dan intelektual yang terkenal reputasinya karena pengetahuan dan kebijaksanaannya yang tinggi. suatu hari seorang pria berjumpa dengan Socrates dan berkata, "tahukah anda apa yang baru saja saya dengar tentang salah seorang teman anda ?"

"tunggu sebentar," jawab Socrates. "sebelum memberitahukan saya sesuatu, saya ingin anda melewati sebuah ujian kecil. ujian tersebut dinamakan ujian saringan tiga lapis"

"saringan tiga lapis ?"tanya pria tersebut

"betul" lanjut Socrates. "sebelum anda mengatakan kepada saya mengenai teman saya, merupakan ide yang bagus untuk menyediakan waktu sejenak dan menyaring apa yang akan anda katakan. itulah knapa saya sebut sbgai saringan tiga lapis "

"saringan yg pertama adalah KEBENARAN,sudah pastikah anda bahwa apa yg anda akan katakan kpd saya benar ?"
"tidak" kata pria tsb. "sesungguhnya saya baru saja mendengarnya & ingin memberitahukannya kpd anda"
"baiklah", kata Socrates, "jadi anda sungguh tidak tau apakah hal itu benar atau tidak"

"sekarang mari kita coba yg kdua yaitu: KEBAIKAN. apakah yg akan anda katakan kpd saya mengenai teman saya itu adalah suatu yg baik ?"
"tidak,sebaliknya hal yg buruk"

"jadi", lanjut Socrates "anda ingin mengatakan kpd saya sesuatu yg buruk mengenai dia,tetapi anda tidak yakin kalau itu benar. anda mungkin masih bisa lulus ujian selanjutnya,yaitu KEGUNAAN. apakah apa yg anda ingin beritahukan kpd saya tentang teman saya tsb akan berguna buat saya ?"

"tidak, sungguh tidak", jawab pria tsb.

"kalau begitu", simpul Socrates, "jika apa yg anda ingin beritahukan kpd saya tidak benar,tidak juga baik,bahkan tidak brguna untuk saya,mengapa anda ingin menceritakannya kepada saya ?"

ahah,,bener2 akan membuat kita berfikir,,apa kegunaan nya kita membicarakan orang lain selama ini :)
makasi ya @marny mbeph buat buku "Happiness Inside" nya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar