my favorit :)

  • NI LUH AYU OKTAVIANI , 3IB02

Minggu, 05 Oktober 2014

ETIKA MENULIS DI INTERNET

Menulis adalah hal yang sangat menyenangkan bagi sebagian besar orang.  Menulis dapat mengekspresikan apa  yang ada dipikiran sang penulis seperti yang saya lakukan saat ini. Menulis dapat dilakukan dimana dan kapan saja, melalui berbagai media baik secara digital maupun klasik seperti menulis dibuku harian.
            Berbeda halnya dengan menulis dibuku harian, menulis pada media digital atau elektronik terlebih yang di upload ke dalam dunia maya memiliki beberapa etika atau aturan. Hal tersebut   dikarenakan yang dapat membaca tulisan kita bukanlah orang-orang yang kita kenal saja, melainkan orang-orang yang tidak kita kenal bahkan orang-orang dari daerah dan negara yang berbeda pun dapat membaca tulisan kita. Terlebih apabila kita menggunakan bahasa Inggris yang termasuk ke dalam bahasa universal.

            Beberapa etika atau aturan tersebut adalah :

  1. Gunakanlah bahasa yang baik dan benar, jangan sampai menggunakan kata-kata kasar atau hinaan yang dapat menyebabkan orang lain sakit hati atau kurang nyaman membaca tulisan kita.
  2. Tidak menulis sesuatu yang berbau SARA sehingga menimbulkan perdebatan dikalangan orang banyak.
  3. Tidak mengupload gambar atau video yang kurang pantas atau gambar dan video yang menghina satu orang atau golongan , hindari menulis hal-hal yang negatif.
  4. Apabila menulis artikel usahakan mencari atau menjadi sumber yang dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan kebenaran artikel tersebut, bukan menjadi sumber artikel hoax.
  5. Buatlah tulisan yang merupakan hasil karya kita sendiri, bukan hasil dari menjiplak karya orang lain atau yang biasa disebut dengan “plagiarisme”
  6. Buatlahlah tulisan dengan bahasa yang mudah dimengerti, tidak berputar-putar, to the point pada topik yang akan dibahas.
  7. Mencantumkan sumber apabila kita mengutip atau mendapatkan referensi dari web atau blog lain.


Ada baiknya apabila kita menulis dan kemudian menguploadnya ke dunia maya, hal yang kita tulis adalah hal-hal yang bermanfaat untuk orang lain. Karena apabila kita menulis tentang hal-hal yang kurang baik atau tidak bermanfaat maka akan sedikit banyak berpengaruh untuk orang yang membaca tulisan kita. Hal tersebut juga bisa menghindarkan kita dari hal-hal yang tidak diinginkan, misal ; kita dituntut karena menyebarkan fitnah atau hoax dari artikel kita, mencemarkan nama baik seseorang atau golongan yang dapat membuat kita berurusan dengan hukum. Mencegah tentunya lebih baik sebelum semuanya terlambat. Berbagi ilmu yang bermanfaat pun akan membuat kita lebih berguna untuk banyak orang, sekaligus mendapatkan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa.


Sumber referensi : http://ubay16.wordpress.com/2013/10/03/etika-menulis-di-internet/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar