my favorit :)

  • NI LUH AYU OKTAVIANI , 3IB02

Rabu, 21 Mei 2014

TUGAS 2 - PARKING SENSOR ( FLOWCHART DENGAN LOOPING )

Sistem parkir otomatis bukanlah teknologi baru , sedangkan negara-negara maju seperti Amerika, Kanada , Jepang dan sebagian besar negara Eropa telah memanfaatkan keuntungan dari otomatisasi dalam fasilitas parkir mereka. Banyak penelitian telah dilakukan untuk menunjukkan pentingnya sistem parkir otomatis dan juga perbaikan sistem efektivitas .
Pada tahun 2004 Gerhard Haag menerbitkan sebuah artikel khusus tentang Sistem parkir otomatis. Judul artikelnya adalah “Parkir Otomatis : Teknologi dan dampaknya pada daerah perkotaan”. Isi artikel kita mulai dengan menyatakan pentingnya parkir otomatis saat ini dan menunjukkan analisis matematis bagaimana parkir otomatis dapat menghemat ruang dibandingkan dengan parkir konvensional. Gerhard Haag ( 2004) juga menganggap isu-isu lingkungan dalam penelitian . dia menekankan pada emisi gas karbon monoksida yang berlebihan oleh kendaraan ketika parkir di fasilitas parkir konvensional . Penerapan sistem parkir otomatis akan mengatasi masalah ini karena sistem ini menggunakan listrik hanya untuk beroperasi.
Penelitian yang dilakukan oleh Gerhard Haag ( 2004) juga menekankan pada desain dan mekanik unsur-unsur yang telah diterapkan dalam parkir otomatis seperti elektro mekanik , hidrolik , pneumatik dan motor linier .
Untuk input, rangkaian Parking Sensor ini menggunakan input sebesar 5 volt yang berasal dari adaptor / catu daya.  Apabila sensor terhalang oleh kendaraan ( mobil ) maka cahaya infrared terhalang dan photodiode tidak menerima cahaya infrared sehingga komparator akan mengirimkan sinyal untuk membuat motor berputar lalu mengangkat palang dan palang akan terbuka, jika limit switch-nya tertekan maka motor akan berhenti. Apabila sensor sudah tidak terhalang lagi
maka komparator akan mengirimkan sinyal dan palang akan turun seperti semula.







flowchart :


1.      Mulai
2.      Jika tidak ada kendaraan palang akan tertutup
3.      Jika kendaraan datang dan sensor terhalang maka palang akan terbuka
4.      Palang menyentuh limit switch
5.      Palang kembali tertutup bila sudah tidak ada kendaraan yang menghalangi.

cara kerja parking sensor :
1.      Apabila photodiode mendapatkan cahaya, maka nilai tegangan non-inverting pada masing-masing komparator akan bernilai tetap yaitu non-inverting lebih besar dari tegangan inverting sehingga output masing-masing komparator bernilai logika 0, sehingga port 1.0 dan port 1.1 pada mikrokontroler tidak mendapatkan perubahan sinyal, otomatis sistem tetap dan palang diam.
2.      Ketika photodiode tidak mendapatkan cahaya, maka nilai tegangan non-inverting pada komparator terjadi perubahan nilai karena resistansi pada photodiode mendekati 0 sehingga tegangan inverting-nya mengakibatkan output pada komparator berlogika 1.